telepon

0552-2033740

handphone

08115396997

email

tvkaltara@gmail.com

Aksi TJP Hidupkan Seni Budaya di Tebu Kayan

BULUNGAN, KTV – Serikat Pemuda Jawa atau SPJ Kalimantan Utara memberi kejutan kepada Bupati Bulungan, Syarwani atas gagasan membuat kegiatan bernuansa multi Kultural dengan menampilkan event yang diberi titel Saresehan dan Karnaval Budaya pada pertengahan November 2023 lalu

 

Bertempat di icon Bulungan “Kabupaten Sehat” dan “Layak Anak” yang dikenal warga dengan nama Tebu Kayan, Jalan Yos Sudarso, Tanjung Selor, Karnival dan Seresehan garapan SPJ Kaltara menampilkan wajah Bulungan yang multicultural.

 

Bahkan kegiatan berbau seni budaya tersebut, berdampak positif langsung kepada peningkatan ekonomi masyarakat Tanjung Selor, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah tersebut.

 

Kegiatan ini membuat girang bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd M.Si. Dia lantas tak dapat menyembunyikan rasa syukurnya serta berterimakasih atas digelarnya kegiatan karnaval budaya tersebut.

 

“Saya berterimakasih atas penyelenggaraan karnaval budaya ini, saya apresiasi dan bangga terhadap penggagas acara karena dilaksanakan pusat keramaian dan berkumpul warga setiap hari minggu, yakni di Tebu Kayan. Kita berharap event semacam ini rutin di gelar setiap hari libur,”papar bupati Syarwani yang menikmati suasana santainya di lokasi tersebut.

Kegiatan Karnaval dan Saresehan seperti ini merupakan bukti dan komitmen  pemkab Bulungan dalam merawat masyarakat Bulungan yang multikultur. Syarwani berharap warga tetap kompak bersatu menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia terutama di Kaltara. Alasannya sebab situasi seperti itu adalah sebuah langkah maju dan modern untuk melahirkan moderasi keberagaman multi etnis, suku dan agama di Kaltara, terkhusunya Kabupaten Bulugan.

 

Diakui bahwa penyelenggaraan event oleh berbagai organisasi dan masyarakat seperti ini, telah memberikan dampao positif terhadap perputaran ekonomi warga. Pasalnya berbagai kuliner khas dan jajanan jalanan lainnya dapat dinikmati oleh warga dan menguntungkan pelaku bisnis, terutama pelaku UMKM. “Kegiatan seperti ini memberikan peran besar terhadap perkembangan UMKM di Tebu Kayan. Saya yakin dan percaya semakin banyak Even yang dilakukan memberikan dampak langsung terhadap pendapatan masyarakat kita,”kata Syarwani lagi.

 

Disisi lain, bupati Bulungan ini menerangkan bahwa upaya peningkatan fasilitas penunjang Tebu Kayan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bulungan. Salah satunya menyiapkan Panggung Kreativitas di Tugu Cinta Damai.  “Nantinya Panggung Tugu Cinta Damai menjadi pusat aktivitas dan kreativitas masyarakat. Saya mengundang segenap pemuda Kaltara teman-teman pelaku seni dari berbagai macam etnis di Bulungan. Kita manfaatkan (Panggung Tugu Cinta Damai) isi setiap momentum untuk pagelaran seni dan budaya,”tambahnya semangat.

b

Disamping itu, pagelaran seni budaya, Panggung Tugu Cinta Damai juga dimanfaatkan untuk menampilkan kreativitas anak-anak. Khusunya siswa Taman Kanak Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). (sak*)

Related Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Sosial Kami

Scroll to Top