telepon

0552-2033740

handphone

08115396997

email

tvkaltara@gmail.com

High Level Meeting TPID se-Kaltara, Bulungan dan Tarakan 10 Besar Nasional Inflasi Terendah

TARAKAN, KTV – Dalam upaya menjaga laju inflasi tetap terkendali menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (HLM TPID) se-Kalimantan Utara Tahun 2024, bertempat di Hotel Tarakan Plaza, Senin (25/3).

Dengan mengusung tema “Langkah Proaktif Mendorong Keterjangkauan Harga Melalui Ketersediaan Pasokan dan Kelancaran Distribusi Komoditas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H”, kegiatan ini diresmikan langsung oleh Gubernur Kaltara, DR. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum.

“Kehadiran kita semua dalam rapat adalah sangat baik untuk kita dapat berdiskusi bersama, membahas berbagai langkah strategis untuk menjaga dan mengendalikan tingkat inflasi di daerah,” ucap Gubernur Zainal
Tujuan rapat HLM TPID untuk meningkatkan komunikasi yang efektif antar TPID se-Kalimantan Utara sebagai langkah proaktif dalam mendorong keterjangkauan harga melalui ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H.

Gubernur menjabarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2024 Inflasi Kaltara secara year on year (y-o-y) tercatat sebesar 2,33 persen dengan inflasi bulanan month to month (m-t-m) sebesar 0,19 persen dan inflasi tahun kalender year to date (y-t-d) sebesar 0,24 persen.

“Angka inflasi y-o-y Kaltara sebesar 2,33 persen tersebut menempatkan Kaltara pada posisi ke 8 terendah secara nasional” ungkapnya.

Untuk kategori Kabupaten, Tanjung Selor dengan inflasi sebesar 1,96 persen menempati posisi ke 8 terendah, dan untuk kategori kota, Tarakan dengan inflasi sebesar 2,05 persen menempatkan dalam peringkat ke 7 terendah secara nasional.

Menindak lanjuti data BPS tersebut, Gubernur Zainal mengatakan, sebagai upaya menurunkan inflasi ke level yang rendah dan stabil, maka dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan yang ada.

“Saya berharap agar seluruh pemangku kepentingan untuk dapat selalu berkoordinasi dengan baik guna menjaga stabilitas harga, terutama dalam bulan suci Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H,” tuntasnya.

Turut hadir Wakil Gubernur Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si, Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si, seluruh kepala perangkat daerah dan forkopimda tingkat provinsi, kabupaten dan kota se-Kaltara.(dkisp)

Related Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Sosial Kami

Scroll to Top