TANJUNG SELOR, KTV – Pjs. Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Togap Simangunsong, yang diwakili oleh Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kaltara, Amir Hamsyah, ST, MT., secara resmi membuka kegiatan “Implementasi dan Praktik Mini Kompetisi Pekerjaan Konstruksi pada Aplikasi Katalog Elektronik bagi Penyedia”, di Ballroom Hotel Luminor, Senin, (18/11).
Dalam sambutannya, Amir Hamsyah mengapresiasi kehadiran peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Selamat datang di Bumi Benuanta kepada para narasumber yang akan memberikan ilmu dan berbagi pengalaman kepada peserta mengenai implementasi dan praktik mini-kompetisi pekerjaan konstruksi pada aplikasi katalog elektronik,” kata Amir.
Kegiatan ini bertujuan memberikan bimbingan dan pendampingan teknis kepada para penyedia pekerjaan konstruksi dalam proses e-purchasing, khususnya dalam pelaksanaan metode mini-kompetisi.
Terangnya, pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan salah satu roda penggerak penting yang memacu pertumbuhan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah. Dan karena itu percepatan pelaksanaannya menjadi prioritas tersendiri.
Merujuk Peraturan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, mengatur tujuan, kebijakan, serta prinsip dan etika dalam proses pengadaan. “Tujuan pengadaan barang/jasa adalah untuk mendapatkan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money),” ucapnya.
Selain itu ia menuturkan pada e-katalog lokal Kaltara menyediakan 4 etalase untuk pekerjaan konstruksi, dengan total produk yang bervariasi. Sejalan dengan instruksi Gubernur Kaltara tentang percepatan pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltara.
Diperkenalkannya sistem e-purchasing, Amir berharap bahwa proses pengadaan barang/jasa dapat berjalan lebih efisien, transparan, dan akuntabel. Juga mendorong pelaku usaha yang belum bergabung dalam katalog elektronik agar segera memasukkan produk dengan harga yang wajar.
Menutup sambutannya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini. “Kita berharap agar proses pengadaan yang transparan dan efektif dapat mewujudkan pemerataan ekonomi serta memberikan peluang usaha bagi pelaku usaha di Kalimantan Utara,” pungkasnya.
Turut hadir diantaranya, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, H. Sapi`i ST., M.AP., fasilitator tetap pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Madani, Bapak Mustafa, S.Sos., M.T., CPSP, Pengelola Pengadaan Ahli Muda Kabupaten Tulang Bawang, Bapak Hernaning Rangga D. Utama, S.KM., M.KM., C.Med., CPOF, serta para penyedia yang Terdaftar pada e-Katalog Lokal Kaltara.